Marilah mencuba!!!












Origami adalah kesenian melipat kertas yang berasal dari negeri Sakura "Jepang", terdapat banyak sekali bentuk-bentuk yang bisa dibuat dengan teknik origami, mulai dari hewan, pakaian, benda-benda mati dsb, dan kertas yang digunakan juga bermacam-macam tergantung pada bentuk apa yang akan dibuat. Ini adalah artikel pertama diLingkaran Media yang membahas cara membuat origami. Yang akan kita bahas sekarang adalah origami bentuk burung yang sudah umum. Mungkin kamu sebelumnya sudah pernah melihat origami burung, tapi sudahkah kamu mengetahui langkah langkah membuat origami burung tersebut ?
 Langkah membuat origami burung :

1. Sediakan kertas bentuk persegi, atau kertas warna warni yang dijual di toko toko alat tulis dan buku.

2. Lipat kertas menjadi bentuk segitiga, lalu ulangi melipat ke bentuk segitiga sekali lagi.


 3. Buka kembali lipatan (kembali ke bentuk semula) sehingga pola pola garis terlihat di kertas. Lipat kertas ke       bentuk seperti berikut :



 Lakukan lipatan seperti di atas pada setiap sudut kertas (total 4 kali).

4. Buka kembali lipatan dan pola pola garis pada kertas menjadi lebih banyak. Pola garis tersebut akan membantu dalam membentuk lipatan di langkah selanjutnya.

Satukan / pertemukan setiap sudut. (lihat langkah 5)

5. Lipat kertas menjadi seperti berikut ini :

*Bagian yang dilingkari merah : perintah pada langkah 4 untuk menyatukan sudut.
*Bagian yang dilingkari kuning : Lipat sudut tersebut ke dalam, menjadi seperti gambar di bawah :

 6. Lipat bagian ujung atas ke bawah, lalu pipihkan. Lakukan juga pada sisi sebaliknya.

7. Lipat kertas menjadi seperti ini : Pastikan bagian yang membelah ada di atas, lalu lipat sisi kanan dan kiri kertas ke tengah, lakukan juga pada sisi sebaliknya (bagian belakang).

 8. Lipat dan jadikan sisi yang terlihat (pada langkah 7) menjadi tertutup dengan cara tarik bagian kakan dan kiri ke tengah. Lakukan juga pada sisi sebaliknya, maka akan terlihat sisi seperti ini :

9. Putar kertas 180°, lipat bagian ujung bawah ke atas. Beri jarak antara bagian yang baru saja dilipat (ini akan menjadi kepala dan ekor burung) dengan ujung atas kertas yang terbelah (menjadi sayap). Lakukan juga pada sisi sebaliknya.




10. Tukar sisi yang terlihat (tukar seperti langkah 8).


 11. Tarik kedua ujung teratas, perlahan-lahan untuk membuka bentuk sayap, dan badan burung. Pelan-pelan saja agar kertas tidak sobek.


12. Bentuk bagian kepala dan paruh burung dengan menekuk ke bawah salah satu ujung yang lancip. Dan jadilah "burung-burungan" (bicara dengan gaya doraemon), origami tentunya.


0 comments:

Post a Comment